-->

Khasiat Dan Manfaat Sirih Merah




Khasiat Dan Manfaat Sirih Merah

Bagi pecinta herbal tentunya sudah tidak asing lagi dengan tumbuhan sirih merah. Walaupun kebanyakan yang sering kita lihat adalah tanaman sirih berdaun hijau, sirih daun merah ternyata memiliki banyak khasiat dan manfaat yang bisa digunakan untuk manusia. Khasiat dan manfaat sirih merah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Jawa sejak jaman dahulu. Karena khasiat dan manfaat sirih merah dapat di gunakan sebagai tanaman obat untuk menembuhkan berbagai penyakit. Sirih merah juga dimanfaatkan sebagai rampe atau pelengkap sesaji dalam upacara – upacara adat, dan sebagai alat kosmetik kecantikan wanita – wanita jawa pada jaman dulu.


Dari Kosmetik Hingga Anti Kanker
Khasiat dan manfaat sirih merah yang terkandung didalamnya diantaranya, Senyawa flavonoid dan polivenol berfungsi sebagai antioksidan, antideabetik, antikanker, antiseptik dan antiinflamasi. Senyawa alkoloid pada sirih merah juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan penghambat pertumbuhan sel – sel kanker. Kandungan karvakol pada daun sirih merah bermanfaat sebagai desinfektan, dan anti jamur, sehingga berfungsi sebagai obat kumur dan obat keputihan. Kandungan senyawa eugenol berfungsi sebagai obat pereda nyeri atau analgetik. Kandungan tanin berfungsi sebagai penyembuh sakit perut khususnya diare dan juga dapat digunakan sebagai obat antiseptik pada luka.
Sirih merah biasanya hidup pada daerah dataran tinggi, cukup mudah untuk menanam sirih merah, hanya dengan menaruhnya dimedia dan ditempatkan dalam lingkungan yang lembab dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Apabila sirih merah ditanam pada daerah yang memiliki kadar panas atau terkena sinar matahari langsung maka batang sirih merah akan cepat mengering dan zat merah yang terdapat pada bagian daun akan perlahan-lahan memudar.
Sampai saat ini penggunaan sirih merah sebagai tanaman obat belum ada informasi yang berkaitan dengan efek samping menkonsumsi tanaman ini sebagai obat, akan tetapi untuk mencegah hal – hal yang tidak diinginkan sirih merah ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi para wanita yang sedang hamil, menyusui dan anak – anak dibawah umur 7 tahun.

Cara Penggunaan
Sebenarnya penggunaan daun sirih merah ini berbeda-beda caranya setiap penyakit. Tetapi pada umumnya, mula – mula dengan mengambil daun sirih merah berjumlah 3 – 5 helai daun lalu direbus dengan beberapa gelas air putih. Dan air rebusan itulah yang digunakan sebagai pengobatan, misal ; untuk penyakit jantung minum air rebusan ini selagi hangat dua kali sehari ( satu gelas ) sebelum makan, untuk penderita diabetes minum sehari tiga kali setengah gelas, ataupun untuk mencuci organ kewanitaan, dll. 

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter