-->

Bahaya Asam Retinoat Pada Kosmetik


Bahaya Asam Retinoat Pada Kosmetik

Bahaya Asam Retinoat Pada Kosmetik.


Bagi anda para perempuan yang hobi tatarias wajah, atau merias diri dengan kosmetik perlu berhati-hati dengan berbagai bahan yang terkandung dalam semua jenis produk kecantikan. Pasalnya kosmetika tersebut tidak aman untuk dipakai atau digunakan. Badan POM telah mengeluarkan Public Warning bahwa sebanyak 44 merek kosmetika perawatan wajah mengandung bahan kimia berbahaya. Sebanyak 21 merek diantaranya adalah kosmetik wajah seperti krim siang, krim malam dan krim pemutih yang mengandung asam retinoat ( retinoic acid ).

Asam retinoat yang dikenal sebagai Vitacid, Retin A, Retin A Micro, Retiva, Reviderm, Sensiderm, Renova dan Tretinoin Gel adalah sebuah retinoid aktif turunan vitamin A dalam bentuk asam yang dibentuk dari all-trans retinol ( retinoid dalam bentuk alkohol ). Asam retinoat juga dikenal dengan sebutan tretinoin ( all-trans-retinoic acid ) yang digunakan dalam terapi jerawat.
Bahayanya Penggunaan Asam Retinoat
Saat ini telah banyak dilaporkan bahwa penggunaan asam retinoat memiliki resiko yang berbahaya bagi pemakainya, antara lain :
·         Potensi Sebagai Iritan
Pada kulit normal, asam retinoat yang dioleskan akan menimbulkan peradangan pada kulit. Gejala yang sering muncul adalah sensasi rasa panas, menyengat, kemerahan, eritema sampai pengerasan kulit.
·         Potensi Sebagai Zat Karsinogen ( menyebabkan Kanker )
Penggunaan Asam Retinoat pada mencit albino dan mencit berpigmen terbukti dapat meningkatkan potensi karsinogen akibat radiasi sinar UV-B dan UV-A.


·         Potensi Sebagai Zat Teratogen
Telah dilaporkan bahwa bayi yang terlahir dari seorang wanita yang mengoleskan asam retinoat 0,05% sebanyak dua kali sehari untuk wajah berjerawat, sebelum dan selama kehamilan, mengalami malformasiberat pada wajah seperti kecacatan langit – langit mulut, bibir sumbing, celah kelopak mata menyatu, hipertelorisma ( peningkatan abnormal jarak antara dua organ / bagian ), defisiensi lubang hidung kiri dan kelainan sistem saraf pusat serta hidrosefalus.
Herbal
Berikut adalah beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati jerawat
·         Tomat
Sudah tidak disangsikan lagi bahwa tomat memiliki khasiat luar biasa dalam mengobati jerawat. Caranya cukup mudah, Buah Tomat dibelah jadi dua, kemudian di usap-usapkan kewajah yang berjerawat. Diamkan sampai 1 jam kemudian bilas sampai bersih.
·         Madu
Cara menggunakannya sangat mudah yaitu hanya dengan mengoleskan msadu pada kulit yang berjerawat. Lakukan hal tersebut dengan menggunakan kapas dan diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air putih hingga bersih.



Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter